Pilih Siapa?

16 04 2009

Menghadapi pemilu ini banyak yang menjadi bingung harus memilih siapa. Karena tidak akrabnya nama-nama caleg yang memenuhi jalan-jalan kita dengan poster-posternya. Nama mereka hanya baru muncul saat pemilu, kemana saja mereka selama ini? Mereka bukanlah nama-nama yang akrab terdengar konsisten sebagai pejuang sosial, demokrasi, atau pejuang bidang-bidang yang menarik perhatian kita selama ini. Mereka hanya muncul entah dari mana membawa janji, sehingga motivasi kemunculan mendadak ini menjadi sebuah keraguan besar bagi kita. Dan lucunya ditengah keraguan besar ini, kita dihimbau untuk tidak golput. Kita disuruh berjudi dengan para caleg meragukan ini. Simalakama, memilih salah, tidak memilih bisa lebih salah lagi.

Baiklah, bagi yang bertekad untuk memilih, tapi bingung pilih siapa, saya anjurkan untuk memilih partai nasionalis. Ya memang mereka adalah pilihan buruk, tapi mereka setidaknya sedikit lebih baik dari yang terburuk. Partai-partai nasionalis tersebut seperti PDIP, Demokrat atau Golkar. Mereka memang punya kelemahan masing-masing, tapi tinggal mereka yang kita punya untuk mempertahankan negara ini tetap pancasilais yang memberi sedikit kebebasan beragama bagi minoritas.

Perkembangan politik ditanah air sudah sangat tidak sehat, sejak reformasi, politik kita tidak bertambah baik, mungkin kita mengalami kemunduran, khususnya bagi kebebasan memeluk dan menjalankan kepercayaannya. Kalau dahulu demokrasi harus melawan monarki, setelah reformasi demokrasi harus berhadapan dengan theokrasi. Partai-partai nasionalis harus berhadapan dengan partai-partai islam fundamentalis.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: