Pendalaman Iman, "Yesus, Jalan Ke Bapa"

24 01 2009

Yesus, Jalan Ke Bapa

Tentu sangat logis ! Kalau manusia mau ke sorga harus tahu jalan kesorga, tidak mungkin kalau orang tidak tahu jalan ke sorga bisa membawa orang ke sorga ! Ia adalah manusia atau nabi palsu serta pembohong besar, kalau ia tidak mampu membawa manusia kesorga tapi menyatakan dengan mengkleim dirinya, mampu membawa manusia ke sorga !
Dan bohongnya bertambah kentara apabila dia sendiri matinya dikuburkan dan tidak bisa bangkit lagi !

Kalau manusia tidak tahu jalan kesorga maka ia harus dibantu oleh orang yang tahu jalan ke sorga ! Siapakah yang datang dan turun dari sorga menuju dunia ini (Bumi) lalu naik ke sorga diiringi para Malaikat-Nya ?

Orang tersebut adalah Yesus Kristus ! (Yoh 1:1-18; 3:16) Mark 16:19); Luk 24:50,51); Mat 28:18-20); Kisah Para Rasul 1:9-11)!

Yesus adalah Jalan dan Kebenaran dan Hidup (Yoh 14:6)
*Gambaran Jalan yg panjang dan sangat sulit yg harus dilewati manusia atas panggilan Allah dgn bertumpu pada “IMAN”. supaya dapat sampai ke Tanah Yang Dijanjikan (Ul 1:30-33; 2:1-2; 8:2-10; Mzm 77:20; 136).
**Gambaran ini diterapkan pada HUKUM yg menyatakan orientasi yg ditawarkan oleh Tuhan kepada umat-Nya demi memperoleh ganjaran kekal (Ul 32:4; Mzm 25:10; 128:1; 147:19,20).

***Dalam Perjanjian Baru,
gambaran ini tetap muncul, tetapi SUDAH BERUBAH MAKNANYA!
YESUS memulai suatu cara baru untuk menyelamatkan manusia dari “KEBINASAAN” sesuai dengan kehendak Allah dan demi berjumpa denganALLAH (Mrk 8:34; Mat 16:24; Luk 9:23), sehingga “Hidup Kristen” sendiri mulai disebut “JALAN” (Kis 9:2; 18:25; 24:22)

***Tetapi dalam Injil Yohanes,
ungkapan ini bermakna lebih mendalam : YESUS bukan hanya JALAN dalam arti, ajaran-Nya mengantarkan manusia kepada KEHIDUPAN SEJATI ! Hanya Yesus lah Jalan yang mengantar manusia ke Bapa (Allah), jadi hanya Yesus sendirilah KEBENARAN DAN KEHIDUPAN! (Yohanes 10:9).

***Hanya Yesus lah yang menunjukkan apa yang BENAR, TAK TERGOYAHKAN, YANG MENJAMIN manusia berorientasi kearah HIDUP ADIKODRATI ! Dengan melaksanakan kehendak Allh secara sempurna, Yesus menggemakan kesetiaan Allah yang ditunjukkan- Nya sepanjang sejarah. Sekaligus Yesus adalah “KEBENARAN MUTLAK, WAHYU TERAKHIR DAN PENUH KESELAMATAN ALLAH” untuk manusia !

Sebagai Kebenaran, Yesus memberi KEHIDUPAN pula, Ia sendiri memiliki ‘KEPENUHAN KEHIDUPAN’ , sehingga diri-Nya menunjukkan arah kepada manusia untuk sampai kepada “HIDUP YANG KEKAL”!!!

***Yesus adalah KEBENARAN, sebab sebagai Anak (Makna Internal) yang telah menjadi FIRMAN MANUSIA, Ia secara sempurna telah mengungkapkan Bapa kepada manusia.Yesus mengungkapkannya melalui AKTIVITAS dan FIRMANYA. Dengan cara itulah Ia mengantarkan manusia kepada Bapa, yaitu ke dalam “KEHIDUPAN YANG KEKAL” (Yoh 17:3; 1:4; 3:16; 6:40,47,63; 11:25)

Yoh 14:8 Tunjukkanlah Bapa itu
Filipus ingin melihat Bapa secara fisik. Ia tentu ingat akan penampakan2 yang dialami Abraham, Musa, para Nabi atau malahan para tokoh spiritual bangsa Israel sesudah zaman Keluaran ( Kel 24:9-11)!

Yoh 14:9 Yang telah melihat Aku, telah melihat Bapa
Seluruh hidup Yesus, Firman dan perbuatan2Nya dengan sempurna menyatakan BAPA, sebab Yesus bersatu dengan Bapa dgn cara yang tak terputuskan (Yoh 5:17-30; 10:30). Tetapi ayat ini jangan diartikan bahwa Allh telah digantikan oleh Yesus -manusia ! Karena Yesus berbicara disini tentang melihat ROHANI !

Yoh 14:10 Aku didalam Bapa dan Bapa di dalam Aku
Karena Anak sehakekat dengan Bapa, maka ajaran Yesus tidak berasal dari diriNYa sendiri, tetapi dari Bapa, sedangkan perbuatan2 Yesus dilakukan oleh Bapa yang tinggal dalam diri Yesus. Dengan kata lain, ajaran Yesus dan mukjizat2Nya bukan karya manusia melainkan ILAHI !!!
Jika Yesus bicara tentang “Pekerjaan-pekerjaa n Bapa”, maka Ia maksudkan keseluruhan karya penyelamatan yang secara jelas dinyatakan melalui TANDA-TANDA AJAIB! (Yoh 5:18; 8:28,42) Baca juga Yoh 7:17-18; 8:26; 12:49-50. Jadi hanya melalui Yesus lah, manusia bisa diselamatkan !!!

Apakah Anda sudah mempercayakan hidup Anda kepada Yesus Kristus ?
Kalau belum, “BERGEGASLAH” !

Syalom,
Eddy TG

____________ _________ _________ __

__._,_.___


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: