Dapatkah Alkitab Dipercaya sebagai Firman Allah?

23 01 2009

Dapatkah Alkitab Dipercaya sebagai Firman Allah?
Persekutuan Mahasiswa Kristen Medis
Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya , 15 Juni 2006

oleh: Ev. Yakub Tri Handoko, Th.M.

Sejarah Keragu-raguan terhadap Alkitab
Sikap orang modern yang cenderung meragukan otoritas Alkitab sebagai firman Allah merupakan hasil perubahan dan akumulasi spirit zaman yang sudah berlangsung beberapa abad yang lalu.
1. Zaman skolastik: theologi dan filsafat saling berebut tempat sebagai the queen of science (ilmu pengetahuan yang tertinggi).
2. Zaman Renaissance: teori heliosentris Kopernikus berhasil membungkam pandangan geosentris gereja yang didasarkan pada tafsiran yang salah.
3. Zaman Pencerahan: iman dan rasio benar-benar dipisahkan. Theologi diletakkan di bawah sains (filsafat). Pada masa ini terjadi perubahan paradigma terhadap Alkitab.

Doktrin Inspirasi
Dasar
Ayat yang paling penting tentang inspirasi terdapat di 2 Timotius 3:16. Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan dari ayat ini. Pertama, kata Yunani grafh (LAI:TB “tulisan”) dalam PB merupakan istilah baku untuk kitab-kitab PL (Mat. 21:42; 22:29; 26:54, 56, dst). Kedua, terjemahan LAI TB “segala tulisan yang diilhamkan Allah bermanfaat untuk…” menyiratkan kesan bahwa tidak semua kitab PL adalah diilhamkan Allah. Ayat ini seharusnya diterjemahkan “segala tulisan [kitab-kitab PL] adalah diilhamkan Allah dan bermanfaat untuk…” (semua versi Inggris), karena kata sifat “diilhamkan Allah” (theopneustos) maupun “bermanfaat” (wfelimos) berfungsi secara predikatif. Ayat lain yang juga biasanya dipakai dalam diskusi inspirasi adalah 2 Petrus 1:21 dan 2 Petrus 3:16.

Konsep Pengilhaman
Kaum Injil memegang pandangan “verbal plenary inspiration.” Teori ini mengajarkan bahwa “setiap kata dalam seluruh bagian Alkitab adalah diilhamkan Allah”. Pengilhaman ini tidak berarti bahwa Allah mendiktekan setiap kata dalam Alkitab maupun menurunkan Alkitab langsung dari surga. Pengilhaman berarti Allah menjaga setiap penulis sedemikian rupa sehingga mereka tidak salah dalam menyampaikan firman Allah.

Sebagai konsekuensi dari hal ini, setiap kata yang ada dalam autografa tidak mengandung kesalahan maupun kekeliruan apa pun (the autograph is inerrant and infallible). Pengilhaman tidak mencakup salinan, terjemahan maupun tafsiran, karena itu salinan, terjemahan, dan tafsiran bisa saja salah. Konsekuensi yang lain adalah keterlibatan unsur manusiawi dalam penulisan Alkitab. Allah memakai setiap penulis sesuai kapasitas mereka, karena itu kualitas bahasa, kedalaman pemikiran, dan cara berpikir masing-masing penulis bisa berbeda.

Proses
Ada beberapa proses penting yang perlu diperhatikan sehubungan dengan keberadaan Alkitab.

INSPIRASI
Akumulasi, seleksi, interpretasi data, dan penulisan Alkitab (Luk. 1:1-4)

ò

TRANSMISI
Penyalinan dan distribusi surat (Kol. 4:16).
Dalam periode selanjutnya transmisi disertai terjemahan, karena Injil sudah merambah daerah yang tidak berbahasa Yunani

ò

KANONISASI
Penganiayaan dan ajaran sesat mendorong proses kanonisasi.
Kriteria yang dipakai: tradisi, wibawa profetik/rasuli, ortodoksi

ò

PENERJEMAHAN MODERN
Selama berabad-abad gereja hanya memakai terjemahan Latin Vulgate.

ò

Renaissance dan reformasi mendorong studi Alkitab dalam bahasa asli dan penerjemahan Alkitab dalam bahasa sehari-hari. Tidak jarang munculnya suatu terjemahan harus dibayar mahal.

Tantangan terhadap Otoritas Alkitab
Berikut ini adalah beberapa hal yang sering kali dijadikan target untuk meragukan otoritas Alkitab sebagai firman Allah.
1. Unsur supranatural dalam catatan Alkitab (misalnya mujizat) à filsafat rasionalisme, empirisme, eksistensialisme.
2. Teks-teks yang dianggap kontradiktif.
3. Data Alkitab yang dianggap tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan.
4. Agama Kristen yang dianggap sebagai hasil evolusi keagamaan dan filsafat keagamaan (philosophy of religion), misalnya monoteisme PL adalah modifikasi politeisme, sedangkan agama Kristen adalah refleksi teologis dan upaya kontekstualisasi gereja mula-mula terhadap situasi abad ke-1 M.
5. Kanonisasi Alkitab yang dianggap monopoli kekuasaan gereja dengan cara menghapuskan berbagai dokumen lain yang bertentangan dengan Alkitab, misalnya Injil Thomas, Injil Filipus, Injil Maria.
6. Tidak ada autografa Alkitab yang tidak ditemukan, sehingga doktrin inspirasi dianggap tidak terlalu bermanfaat.

Jawaban terhadap Tantangan Di Atas
Dari pemaparan di atas terlihat bahwa diskusi seputar otoritas Alkitab sangat kompleks dan multidisipliner. Dalam bagian ini hanya akan diberikan jawaban inti dan singkat sehubungan dengan sanggahan-sanggahan di atas.

Pertama, unsur supranatural dalam Alkitab. Diskusi dalam konteks ini sudah menyangkut presuposisi seseorang. Cara menanggapi yang paling baik adalah dengan membuktikan bahwa rasionalisme, empirisme, dan eksistensialisme didasarkan pada pola pikir yang subjektif dan tidak konsisten.

Kedua, teks-teks yang dianggap kontradiktif. Alkitab tidak mengandung kontradiksi. Teori harmonisasi melalui penyelidikan teks yang teliti dan komprehensif bisa menunjukkan bahwa teks-teks tersebut tidak kontradiktif. “Kontradiksi” terjadi karena hermeneutika yang tidak memadai maupun kekurangtepatan terjemahan.

Ketiga, Alkitab dan ilmu pengetahuan. Orang Kristen perlu mengadakan re-interpretasi, karena tafsiran tradisional kadangkala terbukti tidak memadai, misalnya ayat-ayat yang terkesan mendukung geosentris. Di sisi lain, orang Kristen juga mewaspadai “kebenaran” sains yang biasanya diklaim “objektif”. Sains tetap melibatkan “iman”, presuposisi yang tidak perlu dibuktikan dan bahkan manipulasi data, misalnya kebohongan “teori” evolusi.

Keempat, Kekristenan dan evolusi keagamaan. Usia legenda politheis kuno yang lebih tua daripada Alkitab (misalnya Epic Gilgamesh, Enuma Ellish) tidak bisa dijadikan bukti bahwa Alkitab adalah hasil modifikasi dari pandangan kafir kuno tersebut. Perbedaan antara Alkitab dengan berbagai catatan kuno tersebut jauh lebih esensial daripada persamaan (kemiripan) yang ada. Tidak ada bukti konklusif bahwa penulis Alkitab menggunakan catatan-catatan kuno itu sebagai sumber tulisan. Selain itu, pandangan evolusi keagamaan mengabaikan fakta bahwa sebelum ada sumber tertulis pasti ada sumber (tradisi) lisan yang usianya sangat panjang.

Kelima, kanonisasi Alkitab. Pandangan yang menganggap kanonisasi Alkitab pada abad ke-4 sebagai monopoli orang Kristen memiliki beberapa keberatan serius. (1) kitab-kitab yang diterima dalam kanon sebenarnya sudah lama dipakai dalam ibadah gereja abad permulaan. Hal ini bisa terlihat dari berbagai rujukan dalam tulisan bapa-bapa gereja. Artinya, kanonisasi hanyalah penerimaan kitab-kitab secara formal dan universal. (2) kebutuhan terhadap kumpulan kitab resmi agama Kristen yang benar sudah ada jauh sebelum kanonisasi. Penganiayaan dan ajaran sesat mendorong gereja-gereja sejak awal abad ke-2 untuk serius menentukan kitab mana yang benar dan mana yang salah. (3) konsep-konsep yang dianggap buatan orang Kristen (misalnya keilahian Kristus) ternyata sudah ada pada dokumen-dokumen Kristen abad ke-1 (kitab-kitab PB). (4) pandangan yang menganggap kanonisasi sebagai monopoli didasarkan pada asumsi bahwa gereja-gereja pada abad permulaan seharusnya menerima semua kitab yang ada, baik yang sesuai ajaran maupun tidak sesuai. Asumsi ini jelas bertentangan dengan the law of contradiction.

Keenam, tidak adanya autografa Alkitab. Perlu diketahui, orang modern juga tidak memiliki autografa dari berbagai kitab kuno, baik tulisan sekuler (sastra, sejarah) maupun keagamaan (kitab suci agama-agama) . Lebih jauh, dibandingkan kitab-kitab lain, Alkitab justru lebih bisa dipercaya dari sisi penelusuran kitab kuno. Ujian bibliografi (bibliographical test) membuktikan kredibilitas Alkitab, karena interval waktu peristiwa – penulisan – penyalinan Alkitab paling pendek dan jumlah salinan PB paling banyak. Selain itu, melimpahnya salinan yang ada dan perkembangan disiplin ilmu kritik teks memungkinkan orang Kristen merekonstruksi autografa dalam tingkat akurasi yang sangat tinggi. Kritik teks sendiri menggunakan dua macam kriteria: eksternal (kualitas manuskrip) dan internal (konsistensi gaya penulisan dan konteks).

Konklusi
Makalah ini hanya bersifat overview tentang beragam diskusi seputar otoritas Alkitab sebagai firman Allah. Beberapa poin yang disinggung dalam makalah ini masih memerlukan pembahasan yang lebih mendalam dan detil.

Sumber:
http://www.gkri- exodus.org/ page.php? APO-Alkitab

Profil Ev. Yakub Tri Handoko, Th.M.:
Ev. Yakub Tri Handoko, M.A., Th.M., yang lahir di Semarang, 23 November 1974, adalah gembala sidang Gereja Kristus Rahmani Indonesia (GKRI) Exodus, Surabaya (www.gkri-exodus. org) dan dosen di Institut Theologi Abdiel Indonesia (ITHASIA) Pacet serta dosen tetap di Sekolah Theologi Awam Reformed (STAR) dari GKRI Exodus, Surabaya. Beliau menyelesaikan studi Sarjana Theologi (S.Th.) di Sekolah Tinggi Alkitab Surabaya (STAS); Master of Arts (M.A.) in Theological Studies di International Center for Theological Studies (ICTS), Pacet–Mojokerto; dan Master of Theology (Th.M.) di International Theological Seminary, U.S.A. Mulai tahun 2007, beliau sedang mengambil program gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.) part time di Evangelische Theologische Faculteit (ETF), Leuven–Belgia.

Editor dan Pengoreksi: Denny Teguh Sutandio.

“”Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”
(1Sam. 16:7b)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: