BERTUMBUH SESUAI KEHENDAK ALLAH

23 01 2009

Renungan Sharing Firman Tuhan dari Kebaktian Keluarga di Depok, dari Gembala Sidang GK Bersinar-Pamulang pada hari Senin tanggal 19 Januari 2009 pukul 19-21.

“Tetap bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan

dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

Bagi-NYA kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya”

(2 Petrus 3:18)

Konsep sharing pembahasan Firman Allah kali ini adalah bertumbuh dan kasih karunia. Sama seperti benih biji sesawi yang ditabur di tanah yang baik, maka ia akan hidup dan bertumbuh. Perngertian bertumbuh di sini mempunyai konstelasi pada 4 aspek yaitu:

1. tertanam

benih akan bertumbuh dengan baik jika tertanam dengan akar yang kuat. Tertanam dalam hati yang lemah lembut, yang rendah hati, yang mau diproses dan diubahkan menjadi lebih serupa dengan teladan Tuhan kita Yesus Kristus. Tartanam dan berakar kuat, juga berarti bahwa kita perlu setia mengikuti pembinaan rohani di gereja lokal setempat. Harap dihindari perilaku menghadili suatu gereja secara negatif, lalu mudah berpindah-pindah gereja tanpa kedamaian dalam hati.

2. perlu asupan bergizi

benih akan bertumbuh sehat jika mendapat oksigen dan suplai makanan yang cukup. Pengikut Kristus menganggap doa adalah nafas kehidupan dan Firman Tuhan adalah makanan rohani yang sangat diperlukan. Jika kita masih bolong-bolong kurang setia dalam berdoa dan membaca renungan FIrman Tuhan setiap hari, perlu dievaluasi bagaimana pertumbuhan iman rohani kita dalam beberapa bulan terakhir???

3. berubah

bertumbuh juga berarti ada perbedaan tahapan ukuran. Misal bayi hanya minum ASI saja, kemudian usia bayi bertambah sehingga mulai diberikan makanan bubur yang dari halus menjadi lebih keras. Jangan tetap menjadi bayi rohani, lalu tidak pernah menjadi dewasa. Semakin tinggi pertumbuhan suatu benih tanaman, maka resiko adalah semakin banyak angin dan hujan kencang yang menerpa. Namun itu semua adalah ujian untuk menunjuk bagaimana kualitas kita. Siapa yang berakar kuat di dalam Yesus Kristus, ia pasti sanggup menghadapi segala tantangan.

4. bertumbuh bisa merambah ke atas atau ke-samping. Artinya, hubungan rohani kita semakin erat dengan Allah namun juga nyata dalam menunjukkan tindakan kasih kepada sesama. Inilah kesaksian hidup dalam perilaku sehari-hari, dengan gaya hidup dan teladan Yesus Kristus./

5. bertumbuh juga harus berubah, menjadi lebih baik, lebih rindang dan berbuah-buah banyak. Lebih rindang untuk memberi tempat bernaung bagi mereka yang memerlukan keteduhan hati. Disinilah harapan Tuhan Yesus kepada kita, agar kita menghasilkan buah yang baik untuk memuliakan nama Bapa di sorga. Buah pertobatan, buah kasih, buah Roh, dan buah-buah kemenangan jiwa yang abadi.

Sudahkan kita mengalami pertumbuhan rohani yang sehat? Dalam kasih karunia, artinya Tuhan selalu memberi tuntunan dan memberi segala yang kita perlukan dengan penuh anugerah tanpa pamrih. Resiko apabila kita tidak sebagai benih yang bertumbuh sesuai kehendakNYA adalah: dibersihkan, dipotong, dicampakkan ke dapur api.

Regards,

Handoko

http://www.lucky-info. blogspot. com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: