Air Hidup – Rabu, 21 Januari 2009

23 01 2009

Air Hidup

Rabu, 21 Januari 2009

Baca: 1 Korintus 13:1-13

KASIH SEBAGAI TANDA KEDEWASAAN

“Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.” 1 Korintus 13:11b

Kekristenan tidak dapat dipisahkan dari KASIH; itu adalah hukum utama, “…sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.” (1 Yohanes 4:7-8). Ayat ini jelas menyatakan bahwa ciri khas kehidupan orang percaya adalah memiliki kasih. Rasul Paulus pun kembali menegaskan kepada jemaat di Korintus bahwa kedewasaan rohani seseorang dapat dinilai dari ada tidaknya kasih dalam hidupnya.

Ironisnya KASIH seringkali hanyalah slogan semata, paling banyak disinggung dan dibicarakan di antara umat Tuhan tetapi sangat sedikit atau jarang dipraktekkan! Sungguh benar yang dikatakan Alkitab tentang masa sekarang, “….kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.” (Matius 24:12). Kita sering terbawa arus dunia ini, apa saja yang kita lakukan bagi orang lain berdasarkan prinsip untung rugi: “Kalau hal itu menguntungkan bagiku, aku akan menolongnya; kalau tidak, maaf aku tidak bisa membantu!” Seringkali kita berbuat sesuatu bagi orang lain, beramal ataupun melakukan aktivitas sosial kita lakukan tanpa adanya dorongan kasih. Kita lebih banyak melakukan itu semua karena kita punya uang dan mungkin motivasi-motivasi tertentu: ingin dipuji atau dihargai. Perhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus, “Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.” (1 Korintus 13:3).

Amat disayangkan jika kita melakukan suatu perbuatan baik tapi tidak disertai dengan dasar yang benar yaitu kasih. Maka, marilah kita koreksi keberadaan kita saat ini: sudahkah kita memiliki kasih itu? Apa yang menjadi motivasi kita saat memberi? Adakah maksud lain di balik pengorbanan- pengorbanan yang kita lakukan selama ini, baik untuk sesama apalagi untuk Tuhan? Jika bukan karena kasih, maka semua yang kita lakukan itu adalah sia-sia belaka! Tuhan Yesus telah memberi teladan terlebih dahulu kepada kita, bahkan karena kasihNya Dia rela memberikan nyawaNya bagi kita dan olehNya kita diselamatkan!

Seorang Kristen yang dewasa rohani pasti memiliki kasih dalam hidupnya!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: