Air Hidup – MEMILIH YANG TERBAIK

23 01 2009

Air Hidup

Jumat, 23 Januari 2009

Baca: Lukas 10:38-42

MEMILIH YANG TERBAIK

“Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.” Lukas 10:42

Firman yang kita baca hari ini mengisahkan tentang kunjungan Tuhan Yesus ke rumah Maria dan Marta. Alkitab menuliskan bahwa Tuhan Yesus memiliki hubungan yang dekat dengan keluarga tersebut: “Yesus memang mengasihi Marta dan kakaknya dan Lazarus.” (Yohanes 11:5). Keduanya (Maria dan Marta) sangat dikasihi oleh Yesus. Meskipun demikian, Tuhan Yesus memberikan penilaian yang berbeda perihal apa yang mereka kerjakan saat bertemu dengan Yesus.

Maria dan Marta adalah dua bersaudara yang sangat berbeda satu dengan yang lain. Dengan caranya sendiri, mereka melakukan sesuatu untuk menyenangkan hati Tuhan. Sebagai tuan rumah yang baik, Marta berusaha memberikan pelayanan sebaik mungkin dan mempersiapkan jamuan makan bagi tamu yang sangat istimewa tersebut, sehingga ia terlihat sangat sibuk. Sedangkan Maria lebih memilih untuk “…duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya.” (Lukas 10:39). Tetapi, apakah dengan kesibukan-kesibukan tersebut, hati Sang Tamu menjadi disenangkan? Tidak. Tuhan Yesus justru menilai bahwa apa yang dilakukan oleh Marta adalah perwujudan dari rasa kuatir seseorang, yang pada akhirnya hanya menyusahkan diri sendiri. Itulah sebabnya, Tuhan Yesus menegur: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara.” (Lukas 10:41).

Bukankah kita juga sering seperti Marta: terlalu sibuk, kuatir dan menyusahkan diri sendiri? Kita merasa tidak cukup waktu untuk terlibat dalam pelayanan di gereja, karena terlalu disibukkan dengan perkara-perkara dunia ini. Atau kita juga melayani Tuhan, tapi kita terjebak dengan padatnya aktivitas pelayanan itu sendiri, akhirnya pelayanan yang kita lakukan tersebut hanya sebagai rutinitas/lkebiasaa n semata, tanpa mengalami kuasa Tuhan. Selain itu, kita seringkali kuatir akan kebutuhan hidup ini, apa yang hendak kita makan, minum dan pakai. FirmanNya menyatakan: “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” (Matius 6:33). Maria telah melakukan yang terbaik dan sangat menikmati perjumpaannya dengan Tuhan Yesus; Dia duduk diam mendengar firmanNya yang membuat kehidupan rohaninya semakin bertumbuh. Itulah yang dikehendaki Tuhan!

Maria telah membuat pilihan terbaik dalam hidupnya, bagaimana dengan kita?


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: