CARILAH HAL YANG KEKAL

29 11 2008

Salam Dalam Kasih Yesus Kristus,

Dari MUJIZAT SETIAP HARI 365 Renungan Firman Tuhan penuntun kehidupan yang penuh mujizat.

Bacaan hari ini 2 Korintus 4:16-18.
CARILAH HAL YANG KEKAL.

Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal,
(2 Korintus 4:18).

Pada dasarnya setiap manusia senang mencari dan mengumpulkan hal-hal yang indah dipandang mata. Rumah yang megah, pakaian yang mahal, mobil mewah, perhiasan yang gemerlap dan lain-lain, itu adalah sedikit contoh dari apa yang selalu diburu dan diimpikan manusia sepanjang zaman. Sebenarnya hal itu tidak menjadi masalah jika setiap orang mampu menjaga keseimbangan antara memburu atau mencari “keduniawian”dan “kekayaan”. Namun masalah yang besar segera akan muncul jika semua hal yang fana itu diburu atau dicari, tanpa mempedulikan hal-hal yang bersifat kekal.

Ironisnya, semakin modern zaman ini, manusia umumnya semakin duniawi dan materialistis. Seiring perkembangan dunia ini, semakin banyak manusia yang mengukur sukses dan kebahagiaan dari banyaknya timbunan harta yang dimiliki. Lebih celaka lagi semakin modern, manusia semakin egois dan tidak memiliki kepedulian terhadap orang disekitarnya bahkan nilai-nilai kebersamaan dan cinta kasih semakin luntur. Renungan firman Tuhan hari ini mengingatkan kepada kita untuk tidak larut dalam sikap-sikap materialistis. Melalui rasul Paulus, Tuhan mengingatkan kita bahwa apa yang tidak kelihatan yaitu segala sesuatu yang bersifat kekal patut dan harus kita perhatikan.

Mengapa harus demikian?
1. Karena harta kekayaan bukan jaminan.
Uang atau segala bentuk materi tidak bisa menjamin keselamatan kita. Harta dan kemewahan bukanlah jaminan kebahagiaan. Kekuasaan atau kedudukan yang kita pegang sekarang ini, itupun ada batasnya dan tidak kekal. Semua hal ini bersifat sementara dan pada akhirnya akan berlalu dan lenyap.
2. Karena dunia ini akan lenyap.
Alkitab mengatakan “Dunia sedang berlalu dengan segala keindahannya”(1 Yoh.2:17). Apa yang ada dalam dunia ini tidak dapat kita jadikan jaminan bagi masa depan hidup kita, karena semua yang ada sifatnya hanya sementara dan bisa berubah sewaktu-waktu. Apa yang kita miliki hanya akan memberikan “kesenangan” sementara saja, dan tidak bisa memberikan jaminan yang tetap bagi kehidupan yang kekal.

Refleksi :
Ingatlah, harta dan kekayaan yang kita kumpulkan di bumi ini hanyalah titipan dari Tuhan, oleh karena itu bijaksanalah dalam menggunakannya, dan jangan terpikat olehnya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: